Skip to main content

Pokemon Unit Game Ala Moba Mobile Android, iOS dan Nintendo Switch | Khawatir Dan Juga Senang!

Hal yang sangat mengejutkan dari salah satu franchise terbesar di dunia yaitu pokemon, muncul dari channel youtube-nya "The Official pokemon Youtube Channel" pada video dengan judul Pokemon Presents | 6.24.2020, dimana ada sebuah kabar dari perusahaan nintendo dan tencent bekerja sama menghadirkan game Pokemon MOBA 5v5 bernama Pokemon Unite yang akan hadir di konsol Nintendo Switch dan Mobile (Android dan iOS) untuk spek android/iOS belum ada kabar begitupula dengan tanggal rilis pokemon unite pun belum ada kabar. Menurut prediksi aku tahun ini, paling lambat tahun depan rilis-nya. Bahkan di setelah penanyangan video tersebut(24 juni 2020) di playstore pun belum ada pradaftarnya.
Pokemon Unit Game Ala Moba Mobile Android, iOS dan Nintendo Switch | Khawatir Dan Juga Senang!

Seperti yang aku bilang tadi Pokemon Unit mengusung pertarungan 5v5 ala moba, ada map yang memiliki jalur bawah dan atas. Tapi pada masing-masing lane/jalur tidak ada tower seperti pada moba umumnya, seperti digantikan oleh " lingkaran Scoring Area", bila kita diam beberapa detik di scoring area lawan akan mendapatkan point, exp dan gold. Jadi Kemenangan di tentukan berdasarkan salah satu tim yang mendapatkan banyak poin terbanyak dalam waktu permainan kurang lebih 10 menit, yang paling terlihat jelas mendapatkan poin dari mengambil area skor lawan. 
Pokemon Unit Game Ala Moba Mobile Android, iOS dan Nintendo Switch | Khawatir Dan Juga Senang!

Hal yang menarik lainnya ada beberapa pokemon yang dapat berevolusi bila mencapai level tertentu ditambah akan mendapatkan move/skill baru yang bisa kita pilih entah itu serangan jarak jauh ataupun dekat dan skill dapat ditingkatkan berdasarkan level tertentu, tiap pokemon memiliki skill ultimate yang disebut "Unite Move" yang berbeda-beda entah itu dari segi gerakan ataupun efek skill-nya. Untuk menaikan Level pokemon bisa didapat dari EXP, gold dengan mengalahkan pokemon liar(minion/creep)yang berjalan ditiap lane, wild pokemon, mengambil skor area lawan dan mengalahkan lawan. 

Pokemon yang muncul di trailer video tersebut masih sedikti, contoh : 
  • Snorlax(tidak berevolusi)
  • Lucario(tidak berevolusi)
  • Charmander / Charmeleon / Charizard
  • Squirtle / Wartortle / Blastoise
  • Pikachu (tidak berevolusi)
  • Clefairy / Clefable
  • Fletchling / Fletchinder / Talonflame
  • Bulbasaur / Ivysaur / Venusaur
  • Gastly  / Haunter / Gengar
  • Machop / Machoke / Machamp
Seperti yang tadi aku bilang ada beberapa pokemon yang bisa berevolusi ada juga pokemon yang memang tidak bisa berevolusi contoh snorlax, lucario dan pikachu. Mungkin itu pokemon-pokemon early game yang kuat diawal kalau maksa banget dihubungkan dengan game moba pada umumnya.
Pokemon Unit Game Ala Moba Mobile Android, iOS dan Nintendo Switch | Khawatir Dan Juga Senang!

Kalau kita lihat pada Map pokemon unite ada arena hutan disana terdapat beberapa wild pokemon yang muncul di beberapa titik,  kita bisa menangkap pokemon liar entah yang ada diwilayah hutan sendiri atau mencuri milik lawan dengan menggunakan pokeball yang tersedia. Dari sana kita bisa mendapatkan exp dan gold. Berikut ini wild pokemonnya.
  • Aipom (Minion/creep berjalan ditiap lane)
  • Stufful / Bewear
  • Joltik / Galvantula
  • Rotom
  • Altaria
Belum ada informasi yang jelas mengenai wild pokemon yang berhasil ditangkap apakah akan memberikan buff seperti game moba pada umumnya atau memang hanya memberikan gold, exp ataupun poin saja. Semoga ada sistem buff-nya.

Khawatir Dan Juga Senang!
Jujur saja sebagai orang yang menyukai game pokemon yang aku mainkan dari game pokemon series gen 3,4,5,6,7 untuk yang gen 8 belum kebeli konsolnya, sangat senang dengan ada berita ini. Tapi memunculkan rasa khwatir juga, yang aku tahu komunitas game pokemon ini sangat banyak dan loyal pada game-nya meraka cukup kritis pada game pokemon bahkan pada pengembangnya, komintas mereka cukup bersih dari player toxic(ada tapi gak banyak). 

Kita semua tahu kalau gamer mobile itu rata-rata toxic parah(tidak semua sih) segala hal yang gak penting jadi bahan hal apapun dibanding-bandingkan suka cari ribut gk jelas. Agak beda dari player gamer pokemon mereka biasanya pada kalem walapun game kesayangan mereka diejek(gak mudah baper terutama player old), mudah bersukur memainkan game pokemon, jarang sekali melihat player pokemon yang ngeluh soal grafik ataupun banding-bandingkan grafik dengan game lain, bisanya mereka lebih kritis ke fitur game mereka sendiri dan welcome sekali pada para pemain baru. Semua player bebas berpendapat tentang pokemon mereka (cukup openmid), makanya jarang sekali ada youtuber pokemon luar/player pokemon yang kena blame/toxic kalau mereka memainkan game pokemon dengan cara mereka sendiri.

Sedangkan pokemon unit mengusung moba 5v5 agak di khwatirkan player pokemon malah jadi ketularan toxic pada player baru yang ingin memaikan game pokemon unit. Mereka jadi gak ramah pada player baru merasa begitu ekslusif banget akhirnya menjadi begitu sok elit. Begitupula sebaliknya player toxic yang datang ke pokemon unit jadi toxic merasa sok tahu tahu tentang moba. Aku harap gak terjadi hal seperti itu, untuk player pokemon bersikaplah santai dan welcome saja pada siapapun yang bermain, kita cuma cari kesenangan bermain game pokemon unit. Tidak perlu saling saling toxic, yang ditakutkan lama-lama malah berujung ke pembully-an online. 

Hal lain yang aku cemaskan juga ada sistem permainan di game pokemon unite ini, apakah P2W atau ada sistem gacha yang mengharuskan kita mendapatkan pokemon dengan cara-cara mengumpulkan puzzle/fargment/kotak untuk mendapatkan pokemon atau memperkuat stats pokemon dengan cara-cara tertentu seperti Mikrotransaksi(pembelian barang virtual) yang maksa banget. Mungkin di indonesia tencet, timi studio begitu di puja disini oleh beberap player gamer mobile, tapi diluar sana dianggap biasa-biasa saja bahkan tak segan dikiritk pedas.

Apakah game pokemon unit bakalan laku? Aku rasa bakalan biasa-biasa aja di indonesia, kalau untuk awal rilis pastinya bakalan banyak yang mencoba memainkannya. Itu juga tergantung dari game itu sendiri apakah P2W, toxic atau gak. Itu bisa menjadi pertimbangan para player sih. Menurutku game pokemon unite ini pasarnya condong ke asia.

Para player pokemon kurasa tidak membenci pokemon unit tapi hanya kecewa, mereka mengharapkan yang lebih tinggi yaitu remake pokemon generasi ke 4 johto dan sinnoh(heartgold/soulsiver/preal/diamod) yang muncul di konsol nintendo switch yang sudah lama sekali mereka tunggu. Karena untuk para player pokemon gen ke 4 termasuk gen yang sangat seru dan menantang. Hal ini berimbas pada channel youtube " "The Official pokemon Youtube Channel" pada video dengan judul Pokemon Presents | 6.24.2020, mendapatkan dislike yang sangat banyak, luapan kekecewaan para gamer pokemon. Bagiaman dengan kalian? Suka atau tidak dengan pokemon unit?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar