--> Skip to main content

[Role AOV] Apa Itu Abyssal Lane dan DS Lane? - Bagaimana Cara Menentukan Hero-nya!

Bagi kamu yang baru bermain AOV harus tahu di game aov ada lima role atau tugas yang umum seperti jungler, observers(kadang tidak), mid laner, Abyssal laner dan DS laner. Sudah pasti harus ada hero-hero yang mengisi Role/Tugas tersebut, agar permainan berjalan dengan lancar, Kita bisa bisa memilih role yang cocok dengan gaya permianan kita atau berusaha untuk mengusai beberapa role
[Role AOV] Apa Itu Abyssal Lane dan DS Lane? - Bagaimana Cara Menentukan Hero-nya!
Sumber gambar : Screenshot Game Garene AOV Indonesia

Kita semua tahu di AOV ada tiga jalur mid laner dan side laner. Apa itu side lane? Lane/jalur yang ada di samping monster Abyssal disebut Abyssal Lane dan monster Dark Slayer di sebut DS Lane. Lalu apa tugas dari kedua dari lane tersebut. Perlu diingat posisi dari abyssal dragon dan Dark slayer selalu berubah-ubah kadang ada dibawah kadang diatas tiap match. 

1. Abyssal Lane

[Role AOV] Apa Itu Abyssal Lane dan DS Lane? - Bagaimana Cara Menentukan Hero-nya!
Sumber gambar : Screenshot Game Garene AOV Indonesia

Abyssal lane merupakan lane/jalur yang dekat dengan monster Abyssal Dragon. Di Lane ini sering terjadi pertempuran terutama di early game kadang sampai late game juga, karena biasanya akan terjadi pergerakan/rotasi hero lawan atau hero teman tim kita untuk mengintai dan kill Abyssal Dragon, karena bagi satu tim yang kill abyssal akan mendapatkan gold dan exp, apalagi di 10 menit ke atas Abyssal Dragon akan berubah jadi abyssal dragon enrage dimana tim yang berhasil kill akan mendapatkan class buff dan Dark blessing. Sehingga di lane ini sangat rawan terkena culik atau gank dan fight.  Biasanya para jungler sering mondar-mandir untuk mencari momen mendapatkan abyssal dragon.

Karena di lane ini sering terjadi rusuh maka ushakan agar bermain lebih defense(tapi bukan jadi penakut) dan selalu waspada, maka dari itu kamu bisa menentukan Hero yang cocok untuk mengisi lane abyssal dragon, seperti yang direkomendasikan dari beberapa pro player aov indonesia yang harus : 
  • Clear Wave cepat : Maksudnya memberisikan creep/minon lawan dengan cepat.
  • Siap Tim Fight : di lane abyssal mau tidak mau harus siap war kalau di perlukan(tergantung kondisi) karena dilane ini kita akan rebutan monster abyssal.
Contoh hero yang umum mengisi lane abyssal biasa para hero tanky/support dan archer. Jadi secara umum lane abyssal di tempati dua hero tank/support dan archer. Hal ini disebabkan para tanky/support akan membantu untuk mengawasi/mengintai abyssal atau menginisiasi untuk menyerang abyssal(kalau ada yang bantu).  Sekaligus para tank/support juga melindungi archer dan jangan terlalu lama meninggalkan archer sendirian terutama diearly, biasanya suka diculik, dan archer harus bisa bermain tenang dan jangan membuat hal yang ceroboh karena kamu carry.
  • Jaga tower dan push tower musuh di jalur lane sendiri.
  • Clear wave dengan cepat.
  • Awasi  Abyssal Dragon.
  • Siap tim fight di area abyssal seperti bantu teman tim kill Abyssal Dragon, menutup pergerakan hero musuh. Kalau bisa curi abyssal dargon dari musuh.
  • Awasi hutan di wilayah kita juga, takutnya ada hero lawan masuk untuk curi buff.
Selain itu kamu juga bisa rotasi ke lane terdekat seperti mid lane untuk membantu teman tapi ingat bersihkan creep dulu lalu harus tetap awasi lane Abyssal kita dan jangan terlalu lama. Kamu juga bisa bantu teman kamu di DS lane kalau kondisi permainan memungkinkan.


2. DS Lane

[Role AOV] Apa Itu Abyssal Lane dan DS Lane? - Bagaimana Cara Menentukan Hero-nya!
Sumber gambar : Screenshot Game Garene AOV Indonesia

DS Lane merupakan lane/jalur yang dekat dengan monster Dark Slayer dan monster spirit sentinel. Jalur ini juga cukup sering juga terjadi tim fight bahkan war terutama late game (kalau tidak mampu hindari saja dulu), biasanya di early pergerakan hero jungler dan observer musuh kadang mengincar monster spirit sentinel, karena spirit sentinel sangat berharga juga apalagi Dark slayer sangat berharaga sekali sering jadi rebutan kalau kondisi memungkinkan, jadi waspada untuk di awasi terus, ya. Untuk menjadi seorang DS Lane dan menentukan hero yang cocok di pasang adalah :
  • Harus sanggup survive, solo/sendiri di DS lane (Ingat bukan kill DS sendirian, ya)
  • Harus sanggup 1 vs 1 dengan lawan, usahakan menang kalau 1 vs 1 di DS Lane, karena kalau kalah akibatnya fatal seperti kehilangan tower makanya untuk menjadi seorang player DS Lane harus mumpuni dari mikro game dan makro game. 
  • Hero dengan  clear wave cepat, mobilitas tinggi dan berdamage.
Contonya : Biasanya dan sering digunakan hero-hero dari class warrior atau semi tank seperti lu bu, airi, zuka, zephys, omen, KillGroth, Taara, Maloch, Ryoma. Dari class tank juga ada seperti Xeniel, Max, Bisa juga dari class mage seperti zill dan raz(tapi lebih sering para warrior). Tugas dari seorang DS Lane juga sangat fital untuk tim :
  • Menjaga tower dan hancurkan push tower musuh di jalur DS Lane.
  • Clear Wave cepat atau bersihkan creep di lane yang kita jaga dengan cepat.
  • Mengawasi arena Dark Slayer dan spirit sentinel, karena biasa ada musuh yang mengincar monster DS di awal kemuculannya antara menit ke 6 sampai late game. Monster spirit sentinel juga begitu kadang selalu di incar di early kalau bisa curi atau ganggu sambil cari info pergerakan musuh.
  • Curi monster hutan musuh, Ingat kalau kondisi memungkinkan, kamu bisa masuk ke hutan musuh, kalau ada teman kita yang bertugas sebagai jungler yang bareng observer untuk ciduk/curi buff musuh bantu. Setelah itu kabur bareng.
  • Berani rotasi bantu teman, kamu bisa pergi ke mid lane yang jaraknya tidak terlalu jauh kalau rekan tim kita dalam kesulitan/untuk menyergap hero musuh juga bisa, tapi harus di ingat bersihkan creep dulu, jangan asal tinggalkan lane yang penuh creep lawan begitu saja. Kamu juga bisa pergi ke lane abyssal tapi usahkan hancurkan tower musuh di DS lane dan bersihkan creep, kamu bisa pergi ke lane terjauh untuk bantu tim.
Untuk menjadi seorang DS Lane, agak sulit biasanya akan dikeroyok kalau mid laner gak mau menolong untuk datang sekedar mengusir. Kadang memang harus bisa mengambil keputusan tetap di DS Lane atau bantu, kalau pergi tower DS Lane kita akan hancur.

Sekian informasi yang dapat di berikan semoga saja dapat di pahami dan dimengerti, kalau terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam penyampaian jangan sungkan untuk berkomentar. 
Cara Berkomentar: Silahkan tuliskan komentar Dengan cara "buka komentar" Gunakan akun Disqus untuk berkomenetar.
Buka Komentar
Tutup Komentar