Skip to main content

Tips Umum Bermain AOV Untuk Pemula Agar Enggak Di Anggap Noob Banget!

Ada beberapa game moba mobile yang hadir di indonesia, salah satunya AOV (Arena of Valor). Seperti yang teman-teman tahu aov merupakan game genre moba yang dimainkan secara online. Walaupun AOV game moba mobile tapi dalam bermain membutuhkan kekompakan agar dapat meningkatkan rasio kemenangan.

Bagi yang baru bermain aov, mungkin pernah mencoba game moba mobile lain, walaupun sama-sama bergenre moba mobile tapi tiap-tiap game punya cara bermain yang berbeda menyusaikan dengan kondisi map dan hero-heronya. Tidak bermaksud untuk menggurui atau sok pro, hanya ingin sharing saja.

1. Class Dan Role Hero

Tips Umum Bermain AOV Untuk Pemula Agar Enggak Di Anggap Noob Banget!
Sumber gambar : Screenshot game AOV Indonesia
Bagi teman-teman yang baru banget bermain aov harus bisa membedakan mana class dan role. Contoh seperti ini :
  • Class : Tank, Warrior, Assassin, Archer, Mage dan Support.
  • Role : Mid lane(Jalur tengah), Lane Abyysal (jalur dekat naga abyysal), Lane DS(jalur Dekat Dark Slayer), Jugler (Tidak menempati lane, tugasnya farming dan cari kill) dan Observer(Pembuka Map, pencari informasi).
  • Speciality : Kemampaun hero yang paling menonjol seperti Crowd Contorl, Charger, Buffer dan lainnya.

Bisa kita simpulkan secara sederhana role murapakan tugas dari class hero. Pemilihan class hero untuk mengisi role tidak ada batas, tapi di lihat dari efektifitas class hero dari segi skill dan kemampuannya. Sebagai contoh mid lane tidak harus di isi class archer, bisa juga di isi oleh mage di karenakan creep mid lane aov cepat dan skill-skill mage punya area di early damage mage besar sehingga cepat membersihkan creep. Begitu pula dengan role lain bisa di isi berbagai macam class  tapi harus di lihat dari efektifitas dan Speciality dulu. Cocok/tidak.

2. Pelajari Kemampuan Hero

Tips Umum Bermain AOV Untuk Pemula Agar Enggak Di Anggap Noob Banget!
Sumber gambar : Screenshot game AOV Indonesia

Dengan mengetahui kemampuan hero kemungkinan besar kamu akan tahu kelemahan hero tersebut dan kamu akan tahu bagaimana cara counter hero tersebut saat lawan menggunakannya, untuk mempelajari hero tidak perlu beli heronya dulu, kamu bisa di menu "Latihan" disana kamu dapat mencoba banyak hero, pelajari skil pasif, pelajari skill aktif, berapa lama cooldown-nya, gerakan heronya, di level 1-15 berapa damage-nya.

Paham, pastinya teman-teman punya class hero favorit yang salalu ingin digunakan, tapi ini game moba yang bisa mengahadirkan bagaram starategi untuk meraih kemangan terkadang ada istilah buff dan nerf. Alahkah baiknya kuasi banyak class hero, untuk meningkatkan skill kemampuan kita sebagai player.

3. Build Item

Sumber gambar : Screenshot game AOV Indonesia

Salah satu faktor penting dalam bermain aov adalah build item yang tepat dalam pertandingan. Kamu harus tahu dulu attribut dan kemampuan dari class hero, tank, assassin, mage, archer dan support. Kecuali bila kamu mengisi role observer kamu harus gunakan item-item deff yang murah. Bila kamu masih bingung dengan build item bisa meniru build item di suggested lalu di rekmondasikan atau yang sedang populer.

Tapi harus di ingat, kamu boleh menggunakan build item para player pro atau siapapun itu, tapi dalam match/pertandingan situas tidaklah sama, contoh kamu pakai hero tank, hero musuh banyak menggunakan semua hero archer, kamu sebagai tank harus pakai item yang dapat menahan serangan physical damage yaitu perbanyak deff physical. Bagitu pula lawan pakai mage semua beli item yang dapat menahan serangan magic damage. Intinya kamu harus mempelajari tiap efek item yang kamu gunakan dan belajarnya membeli item secara manual.

4. Persiapkan Arcana

Tips Umum Bermain AOV Untuk Pemula Agar Enggak Di Anggap Noob Banget!
Sumber gambar : Screenshot game AOV Indonesia

Arcana juga sangat berpengaruh untuk class hero yang akan kita gunakan, karena arcana akan menambah attribut untuk hero kita. Seperti menambah ATK, DEF, Movement speed, HP, Life Steal, armor pierce dan magic pierce. Jadi pasang arcana pada hero yang sesuai dengan kemampuan dan attributnya. Perlu diingat arcana tidak bisa di beli dengan voucher, hanya bisa di beli dengan gold dan gold tidak bisa di beli dengan voucher. Jadi untuk mendapatkan gold cuma dari pertandingan saja.

5. Persiapkan Telant

Tips Umum Bermain AOV Untuk Pemula Agar Enggak Di Anggap Noob Banget!
Sumber gambar : Screenshot game AOV Indonesia

Telent merupakan skill tambahan dengan beragam kemampuan yang dapat membantu pemain dalam berbagai kondisi dalam match. Ada 10 talent yang bisa teman-teman gunakan, tapi jangan sampai salah dalam mengambil telent, gunakanlah talent yang berguna dalam berbagai kondisi. Sebagai contoh kamu mengisi role jungler gunakanlah telent punish. Karena para pumula ingin jungler tapi pake talent selain punish

6. PerhatikanStruktur Tim

Memperhatikan struktur tim salah satu faktor yang penting dan menambah kemungkinan untuk meraih kemanangan. Tapi di tier bawah kadang tidak di perhatikan malah memilih archer/mage semua dan role pun menjadi acak-acakan dan malah lembek semua. Maka dari itu tidak cukup mengusai 1 class hero untuk mengisi berbagai role di AOV. Secara umum dalam struktur tim untuk mengisi role dibuthkan class hero yang punya Speciality dalam bertahan dan menyerang, 

7. Incar Tower dan Hancurkan


Tujuan utama dalam game moba seperti AOV di mode Ranked dan Quick Match menghancurkan banyak tower samapi tower utama/markas musuh secepat mungkin untuk meraih kemenangan. Tapi bagi para pemula malah mengaibaikan si tower malah semuanya fokus kill, Memang kill juga sangat penting tapi tower adalah tujuan utama. Harus di ingat tiap kamu menghancurkan tower akan mendapatkan gold dan exp, jelas sangat penting. Tapi tower tidak bisa di serang oleh skill hanya bisa di serang oleh serangan normal saja, jadi hero-hero yang cocok push tower hero-hero yang punya serangan normal yang cepat dan besar contoh assassin, archer, warrior(Tidak semua warrior sih).

8. Bersihkan Creep


Makhuluk kecil yang kadang di abaikan oleh para player pemula ini bisa menjadi sangat merepotkan dan berbahaya serta bisa menghacurkan tower dengan cepat. Bisanya para player aov mengabaikan si creep, malah fokus ngejar lawan sedangakan si creep lawan sedang asik menembak tower kita hasilnya tower kita hancur. 

Kurangnya perhatian pada creep bisa menyebabkan kekalahan jangan segan untuk membersihkan creep karena akan mendapatkan gold dan exp. Khusus bagi role mid lane jangan meninggalkan tower terlalu lama karena creep mid lane sangat cepat bergerak hanya akan memberikan kesempatan bagi lawan untuk menghancurkan tower. Bila ingin pergi dari tower ke tower lain atau recall pastikan creep lawan sudah di bersikan dulu. 


9. Peka dan Menyerang/Bertahan

Peka dalam banyak artian untuk semua role, dalam pertadingan kondisi tidak bisa kita tebak, maka kita harus sigap dan cepat bertindak jangan mebaikan map harus terus kita awasi. Kita juga harus tahu kapan menyerang dan bertahan, kadang para player pemula sangat suka sekali menyerang tanpa persiapan bahkan dalam bertahan pun sangat kacau, bagaiaman tidak musuh sudah mengalahkan DS dan level sudah tinggi, malah ngajak war. Ulur waktu dan bertahan di dengan spam skill di dekat tower.

Sekian informasi yang dapat di sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan, kalau ada kesalahan atau kekurangan jangan sungkan untuk berkomentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar