--> Skip to main content

[Pendapat] Manfaat Farming Creep dan Monster Game AOV(Arena Of Valor)

Permisi mastah, Pernah dengan kata farming monster atau creep di game aov lebih kenal dengan sebuatan jungling monster. Tapi apa manfaat  jungle di game aov? Tapi sebelumnya tidak bermaksud untuk sok tahu tapi hanya ingin menyampaikan sebuah pendapat yang akan saya tuangkan di sini semoga dapat diterima. Bagi mastah-mastah yang baru bermain game-game moba di android atau baru banget bermain game genre moba salah satunya AOV mungkin beberapa hari, minggu atau berbulan-bulan mungkin akan bingung dengan istilah-istalah yang ada di game ini. 
[Pendapat] Manfaat Farming Creep dan Monster Game AOV(Arena Of Valor)

Curhat dikit, pengalaman saya sendiri sewaktu memainkan game genre moba pernah berpikir buat apa kehutan terus bukannya jaga tower sambil bersihin creep (creep pasukan kecil itu lo), dulu saya kurang tahu manfaat menghabisi monster hutan karena gak pernah membaca atau cari-cari informasi mengenai game aov.  Atau Cuma ngikutin apa yang ada di youtube aja, saran saya jadikan referensi saja, gak harus mutlak mengukuti cara orang main, karena kejadian di gameplay selalu berbeda-beda. Stop dulu curhatnya.

Apa Bedanya Farming sama jungle Di AOV?

Beberapa pemain menggap farming dan jungle itu sama aja. Kalau saya beda sendiri, menurut saya ada dua jenis yang pertama.  Farming creep itu lebih ke membersikan creep (pasukan kecil itu lo) agar mendapatkan gold dan exp untuk naik level. Yang kedua Jungle Monster, atau dikenal dengan jungling/jungler/ngutan sebuah aktifitas menghabisi monster-monster yang ada dihutan agar mendapatkan gold, exp untuk naik level dan beberapa monster akan memberikan buff. memang mendapatkan exp & gold lebih gede dari hasil jungle. Tapi harus diingat monster munculnya lama.

Manfaat Farming

Seperiti yang sudah saya tulis, menurut saya terdapat dua jenis farming? Farming creep dan Jungle monster.

  • Manfaat Farming creep : Selain mendapatkan gold dan exp, farming creep sangat penting untuk menjaga tower kita.  Karena musuh tidak akan berani maju ke tower kita kalau creep mereka habis.
  • Jungle Monster : Mengalahkan monster hutan memang akan mendapatkan gold dan exp lebih banyak serta beberapa monster akan memberikan buff, bahkan beberapa monster akan memberikan buff, exp dan gold kepada semua rekan tim bila berhasil membunuhnya. 

Kesimpulan : Intinya farming itu punya manfaat besar agar cepat mendapatkan gold, expt sehingga level kita lebih tinggi dari lawan serta item-item akan cepat jadi.

Kesalahan Farming creep & Monster

Saya sering melihat di tier bawah, beberapa pemain melakukan kesalahan saat farming creep maupun jungle monster, hasilnya tower yang harus bisa dipertahankan malah roboh dengan sangat gampang oleh lawan.

  • Tidak mau membersihkan creep, contoh bila 1 vs 1 di early game jangan langsung berduel, tapi habisi creepnya, lawan tidak tidak berani maju ke tower kita bila creep mereka tidak ada. Lihatlah Map, bersihkan jalur yang banyak creep kalau dibiarkan creep-creep lawan akan menyerang tower kita sampai roboh.
  • Terlalu asik jungle, Ini kebiaasaan yang sering terjadi ditier bawah, mengakibatkan tower jebol dengan cepat dan tidak mau bantu rekan tim yang sedang dikeryok, hasilnya rekan mati dan tower jebol.
  • Tidak bawa item jungle, kalau mau jungling belilah item di shop "Hunter’s Crossbow" item ini sangat berguna agar proses jungle berjalan cepat dan gunakan Talent "Punish"(Teragantung Hero)

Hero Apa yang Boleh Jungling Di AOV?

Menurut saya semua hero boleh jungle, tapi ada hero yang asik dan akan bermanfaat bagi tim bila level dan itemnya setengah jadi di early game yaitu assassin(Tergantung pilot&konsdisi). Karena assassin dibekali demage besar dan sangat tergantung sama skill-nya serta dibekali mobilitas yang tinggi sehingga dia bisa roaming/menjelajah ke tiap-tiap line/jalur untuk memberishkan line, membantu rekan tim kalau bisa sambil kill lawan(jangan maksa kill kalau kondisi kurang menguntungkan).

Akhir kata
Tulisan ini hanya pendapat saya sendiri, kalau terdapatkan tulisan yang salah, atau kesalahan dalam menyampaikan silahkan berkomtar. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Cara Berkomentar: Silahkan tuliskan komentar Dengan cara "buka komentar" Gunakan akun Disqus untuk berkomenetar.
Buka Komentar
Tutup Komentar