--> Skip to main content

Moba Kok Analog? Maksudnya Mungkin Begini?

Perkembangan dunia game terutama untuk mobile/Smartphone (Android, iOS) lagi pesat banget bermunculan game-game yang seru serta menarik. Hanya dengan bermondal smartphone canggih tidak sulit lagi untuk bermain game, kita bisa memilih genre game dari RPG, TCG, Petualangan dan banyak lagi, yang akhirnya bermuculan berbagai komunitas game di jagat dunia maya. Salah satu genre game yang menarik dan menjadi perbincangan di kalangan anak muda bahkan orang dewasa adalah Moba (Multiplayer online battle arena). 

Semenjak game genre Moba di smartphone muncul lalu ada "Kata Moba kok analog", mungkin sebagai orang pernah baca komentar-komentar di sosial media semacam facebook atau lainnya. Yang berada di kamunitas atau page facebook entah itu berita tentang game moba itu sendiri atau page khusus game moba itu akan menemukan salah akun berkomentar “Moba kok Analog”. Kesannya seakan nyindir pada beberapa game moba yang ada di smartphone. Mungkin lewat contoh gambar dibawah ini dapat mewakili maksud Moba Kok Analog.
Moba Kok Analog? Maksudnya Gimana, ya?
Gambar ini hanya contoh

Sekarang sudah tahukan maksud Moba Kok Analog seperti contoh gambar di atas. Karena dalam permainan terdapat analog di bagian kiri bawah yang harus kita gerakan untuk mengendalikan hero.Tujuannya sudah jelas agar mudah mengontrol hero untuk melakukan manuver si hero yang kita kendalikan. 

Tapi karena ada analog itulah  jadi bahan ejekan beberapa orang yang katanya gamer, saya juga tidak tahu tujuan mereka mengejek untuk apa. mungkin si pengembang game punya tujuan untuk memberikan kemudahan bagi penggunannya untuk menikmati game tersebut walaupun beberapa game seperti MLBB, AOV dan game moba beranolog lainnya punya ide yang sama beranalog. Memang ada game moba smartphone tidak beranlog seperti VG (Vain Glory) tapi game ini pun mendapat ejek “Moba Kok Ngedrag?Mau Balapan”, Moba Kok Tap-Tap. 

Entah siapa yang memulai kata itu tapi menjadi sesuatu yang kata yang tidak enak di dengar untuk beberapa player moba smartphone atau para fanboy game tersebut. Tapi saya malah penasaran dengan game-game yang sering diejek itu akhirnya malah ingin mencobanya dan seru juga walaupun saya tidak memainkan game moba smartphone tiap hari.

Bagi teman-teman yang kurang paham apa itu moba ini menurut pemahanan awam saya Moba singkatan dari Mulitplayer Online Battle Arena, merupakan subgenre game RTS, pada game moba setiap pemain mengendalikan satu karakter atau dikenal Hero, contoh dalam permainan terdiri dari 10 pemain dari tim kita 5 dan dari tim lawan 5 (bisa lebih atau kurang tergantung si pembuat game) saling berhadapan untuk saling mengancurkan markas, tim yang duluan menghancurkan markas dialah yang menang. Itu hanya sebuah contoh umum, ya.

Akhir kata, perbedaan dalam game tidak perlu di perdebatkan cukup dinikmati saja dan dipilih kalau tidak suka jangan dimainkan kalau suka silahkan dimainkan.
Cara Berkomentar: Silahkan tuliskan komentar Dengan cara "buka komentar" Gunakan akun Disqus untuk berkomenetar.
Buka Komentar
Tutup Komentar