--> Skip to main content

GAGAL PAHAM!! Main Mobile Legends : Bang-Bang

Mobile Legends : Bang-Bang atau disingkat MLBB salah satu game moba (Multiplayer Online Battle Arena) game yang dimainkan di smartphone bersistem operasi android ataupun iOs, intinya game moba untuk Smartphone/HP. Sudah dipastikan game MLBB ini membutuhkan koneksi internet dan smartphone yang mempuni agar lancar mainnya minimal Smartphone RAM 1 GB. Saya juga termasuk pemain baru Mobile Legends(Bulan july 2017) jadi bukan seorang pro, hanya seorang pemain biasa saja dan sebelumnya tidak pernah bermain game moba tapi pernah baca-baca artikel atau nonton video tutorial mengenai game moba seperti Dota 2, LOL, termasuk MLBB dan lainnya, Jadi saat mulai main game ini gk terlalu bingung tapi tetap kadang ragu.
GAGAL PAHAM!! Main Mobile Legends : Bang-Bang
Sebagai pemain baru saya sering gagal paham entah saya yang noob sebagai pemain baru atau memang saya sendiri yang gak bisa memainkan game ini, karena rank saya masih elit 4 itu pun susah payah saya capai karena tidak punya sequad dan masih minder kalau ikut sequad nanti malah jadi beban. Kalau main Mode Classic dan Ranked pun tim random/acak saja.

Disinilah saya sering gagal paham apalagi kalau main mode Ranked. Setahu saya game Moba itu game yang membutuhkan kerja sama tim walaupun main bersama tim acak kita harus auto paham kalau mau main. Ada beberapa yang bikin saya gagal paham kalau main game ini

1. Gagal Paham :  AFK di Ranked

Saya juga pernah AFK tapi bukan di mode Ranked dan belum pernah AFK di mode ranked kalau pernah itu di mode classic karena sinyal tiba-tiba turun naik gak stabil. Yang bikin kesel itu AFK di mode ranked, harusnya sebelum main cek koneksi internet dulu atau cari tempat yang sinyalnya kuat dulu, kalau sinyal warna merah jangan main ranked mending main Human vs AI atau Custom Mode saja, Karena Ranked itu salah satu tempat untuk menaikan rank dari warrior ke elit atau ke rank lebih tinggi. Kalau kalah gara-gara 1 orang AFK di Ranked siap-siap di report pemain lain karena cukup susah untuk naik rank kalau kalah rank kita dan tim kita bisa turun rank. Jadi beberapa pamain pada hati-hati kalau main di ranked biasanya yang udah paham buat tim sendiri.

2. Gagal Paham : Chat Hina tim sendiri Lalu Bilang “Lihat Kill Gw”  

Kejadian ini pernah saya alami entah di mode classic atau ranked beberapa pertandingan berakhir dengan kekalahan gara-gara muncul chat dengan kata-kata yang menghina seperti (saya sensor) “lu semua c#c#t”, “lo semua beg@” dan kata-kata binatang lainnya. Padahal pertandingan berjalan baru sekitar 1 menitan lebih dan tower pun masih aman semua pemain belum ada yang mati tapi gara-gara itu beberapa pemain mulai tersulut emosi dan muncul chat-chat sesama tim, pertarungan terus berjalan tapi bukannya fokus ke pertandingan malah saling balas chat saya juga malah ikut kesel dan lucunya si pembuat rusuh itu malah bilang “Lihat Kill gw” harusnya dia mikir bisa kill gara-gara siapa, yang menggurangi HP lawan siapa padahal dia tiba-tiba datang ambil kesempatan doank untuk kill. Lupa pada jasa timnya sendiri yang memancing lawan, gebukin lawan, buat stun lawan dan lainnya. Mending report aja pemain kaya gitu mah.

3. Gagal Paham : Support Posisi Di Depan

Waktu itu saya bermain Mode Classic, waktu pertandingan berjalan seru dan tim acak saya sedang mendapatkan tekanan yang luar biasa dari lawan tapi untungnya bisa memukul balik, disaat mau nyerang balik ke markas lawan, ada yang chat dari tim sendiri “ Support Posisi di depan”. Padahal support di tim saya itu si Estes memang support juga bisa kill dan bertahan tapi saya jadi gagal paham sebenarnya posisi support itu ada dimana di game mobile legends? Belakang atau depan. Memang ada hero yang punya peran ganda bisa jadi tank dan support seperti Lolita dan Minotaur. Kalau untuk Estes kurang cocok ada di posisi depan.

4. Gagal Paham :  Ngumpul Di Jaluar Tengah Semua

Sering sekali saya alami di ranked dan selalu berakhir dengan kekalahan begini salah satu certinya pertandingan baru dimulai. 4 pemain dari tim langsung ngumpul ditengah semua mungkin niat mereka sama mau main keroyokan tapi lama banget ditengah malah mereka sendiri satu persatu mati oleh tower gara-gara nafsu dan gak ada kill ke lawan secara otomatis pemain lawan pakai strategi 1-3-1, saya sudah kasih kode/chat untuk jaga jalur atas tapi dicuekin, saya sendiri sibuk menghalau jalur bawah. Otomatis tower jalur atas hancur terus saya terpakas bolak balik eh malah tower bawah juga ikut hancur lawan asik main-main kesana kemari. Sebenarnya gak salah ngumpul tengah semua atau buat gank tapi harus tahu kapan waktu yang tepat dan jangan buta map.

5. Gagal Paham : Banyak Yang Pilih Hero jenis Penembak (MM/Marksman)

Saya rasa Hero jenis MM/Marksman di mobile legends termasuk favorit. Beberapa kali ketemu di mode ranked. Saat pemilihan Hero pemain lain dengan cepat memilih MM padahal saya sendiri belum pilih hero hasilnya 4 pemain pakai Hero jenis MM. Kalau sudah begitu mereka langsung chat “Gue butuh support”, “Saya butuh tank”, “Saya butuh mage”, “Saya butuh Fighter” atau “saya pilih ….  ini karena bla...bla … bla … bla ...”. Saya merasa ini ujian bermain game mobile legends dan binggung saya harus pilih hero jenis apa kalau sudah begitu saya pilih tank karena memang saya lebih suka ke tank apalagi tigreal cukup mudah dikendalikan walaupun kadang gagal fokus kalau panik. Gak salah juga pilih hero jenis MM karena memiliki Damage yang tinggi tapi Durability rendah-rendah. Kadang juga lucunya mereka berkumpul di jalur tengah seperti poin ke lima yang saya jelaskan diatas.

6. Gagal Paham : Gila Kill Haus MVP Tapi Gagal Menang

Sebagai pemula pernah berfikir seperti ini kalau banyak kill akan jadi MVP lalu tim kamu menang. Itulah termasuk kelemahan kita bermain game moba karena pengennya kill dengan nafsu ditiap pertempuran tapi malah kita sendiri yang kena kill lawan karena terpancing. Sudah kill banyak tapi gak jadi MVP malah tank atau support yang dapat atau banyak kill tim tetap kalah. Harus diingat mobile legends itu game moba otomatis butuh kerjasama tim untuk mencuri tower lawan kita, memang kill harus tapi jangan sampai gila kill.

7. Gagal Paham : Pada Buta Map

Saya sendiri sebagai pemula tidak butuh waktu lama untuk tahu Map di mobile legends dan tanda-tanda yang diberikan rekan setim mungkin karena sebelumnya pernah baca artikel tentang game moba atau memahami tutorialnya. Tapi aneh sekali dengan pemain lain apalagi di Mode Ranked ada banyak yang buta map malahan 4 pemain dari tim sendiri pada buta map semua dijalur tengah terus dan gila kill, udah dikasih tanda jaga tower atau mudur tetap aja maju hasilnya jadi sasaran empuk lawan dan saya sendiri kerepotan. Tapi kalau ketemu tim seperti ini juga sering malah asik karena mudah terpancing dan cukup pakai startegi 1-3-1 yang lain ngincer tower atas atau bawa, saat itulah mereka akan kocar kacir disanalah kita bisa kepung rame-rame.

8. Gagal paham : Gila jungling

Gagal paham mengenai pemain yang selalu ke hutan mungkin tujuan dia agar dapat buff, gold dan naik level agar cepat melengkapi gear tapi sayang tidak berguna kalau fokus ke sana terus sampai lupa rekan setim, tower ancurpun ceuk aja. Sering mengalami hal seperti ini, tapi yang paling diingat certinya saya jaga tower jalur bawah dengan melawan dua hero kerepotan hasilnya saya mati, lalu si tukang jungling chat “bisa main kaga dasar c*c*t” padahal saya sudah minta tanda bantuan di map, tapi yang dihutan gak muncul. Apalagi kalau jadi support yang lain asik jungling sudahlah … sabar saja.

Saya bukan seorang pro tapi itulah yang buat saya gagal paham walaupun saya pemain baru tapi gak sampai segitunya kalau main. Kalau suka jangan lupa subcribe, ya.
Cara Berkomentar: Silahkan tuliskan komentar Dengan cara "buka komentar" Gunakan akun Disqus untuk berkomenetar.
Buka Komentar
Tutup Komentar